Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

SEMINAR NASIONAL FE UNTAG SURABAYA: GOTONG ROYONG KUNCI PENERAPAN PANCASILA DALAM TRANSFORMASI PEREKONOMIAN INDONESIA


Selasa, 14 November 2017 - 09:16:10 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 46 kali


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Untag Surabaya  menyelenggarakan Seminar Nasional bertema Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Transformasi Perekonomian Indonesia. Seminar Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Economic Fair 2017 yang terselenggara mulai 12-14 November 2017. Diawali dengan tari Mayang Rontek khas Mojokerto yang dibawakan oleh mahasiswi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya, seminar yang diadakan di Gedung Graha Wiyata Lt. 9 ini menghadirkan tiga narasumber: Herawanto, MBA - Kepala Group Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Imam Hidayat, S.Sos., MM - Kepala Bagian Analisis Makro Ekonomi, Sarana Perekonomian, Perindustrian dan Perdagangan serta Agus Maimun, SE, M.HP - Ketua Karang Taruna Jawa Timur.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor UNTAG Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM. CMA. CPAI mengatakan sangat bangga dan menyambut baik seminar nasional ini, “Generasi muda harus mencintai negaranya, ke depan kita harus makin kuat, solid, bangga terhadap negara di mana kita dilahirkan, dibesarkan, memahami posisi kita sebagai penerus generasi, di mana kita berdiri.” Ditambahkan Rektor, kampus UNTAG Surabaya nilai-nilai Pancasila yang diterapkan di UNTAG Surabaya, nampaknya sederhana namun besar kontribusinya menjaga semangat kebangsaan. Misalnya, memperdengarkan lagu kebangsaan dan lagu nasional setiap pagi, selalu mengawali dan mengakhiri kuliah dengan doa, juga konsisten menyelenggarkan upacara peringatan hari besar nasional.

Sementara itu, Bendahara YPTA, J. Subekti, SH., MM, sebagai keynote speaker yang menyampaikan Wawasan Kebangsaan dalam Prespektif Ekonomi menggarisbawahi bahwa kunci dari penerrapan nilai-nilai Pancasila dalam transformasi perekonomian Indonesia adalah gotong royong. Gotong royong merupakan karakter utama bangsa Indonesia dan diartikulasikan dalam rumusan Pancasila oleh Ir. Soekarno.

Selain Seminar Nasional, Economic Fair 2017 juga memiliki agenda Rapat Kerja Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Jawa Timur. Rapat Kerja dihadiri sebanyak 23 delegasi BEM se-Jawa Timur dan undangan khusus delegasi BEM dari Lhok Sumawe Aceh. Turut hadir dalam kegiatan ini, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Slamet Riyadi, Msi, Ak,CA serta Koodinator ISMEI Jawa Timur, Badrud Tamam AZ.

Indra Yanto Setiawan ketua BEM FE UNTAG Surabaya mengatakan, “Ke depan kita sudah masuk dalam era digitalisasi dan pasar bebas sehingga kita harus meningkatkan daya saing dengan transformasi perekonomian berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Melalui seminar kebangsaan ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di kampus, khususnya dalam pembelajaran maupun praktik ekonomi.” (ad)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :