Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

FAKULTAS SASTRA UNTAG SURABAYA DAN HISKI KOMISARIAT SURABAYA GELAR SEMINAR NASIONAL


Kamis, 02 November 2017 - 11:02:20 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 149 kali


Fakultas Sastra UNTAG Surabaya bekerja sama dengan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Surabaya, menyelenggarakan seminar bertajuk nasional dengan mengusung tema “Sastra Populer Dalam Dinamika Global-Lokal”. Seminar tersebut diselenggarakan di Meeting Room 1 Graha Wiyata Untag Surabaya. Seminar tersebut dilaksanakan selama dua hari, tanggal 1-2 November 2017.

Ketua Panitia Seminar Nasional Dr. Tri Pramesti, MS mengatakan, seminar nasional digelar untuk memberikan pemahaman bahwa sastra itu selalu berkembang dan cakupannya sudah meluas. Perkembangan sastra khususnya di Indonesia terdapat berbagai sastra, di antaranya sastra terjemahan, sastra anak, sastra remaja dan lain sebagainya.

“Kalau kita mengatakan tentang sastra sebenarnya sastra populer juga merupakan bagian dari sastra. Dan, kedepan rencananya kami akan mengadakan seminar internasional.” jelas Tri Pramesti.

Lebih lanjut Dr. Tri Pramesti menjelaskan, bahwa seminar nasional terbagi dalam dua sesi. Pertama, dengan narasumber Prof. Riris. K. Toha Sarumpaet.,M.Sc.,Ph.D dan Raudal Tanjung Banua. Sementara  sesi kedua, dengan narasumber Jakob Samarjo dan dirinya sendiri.

“Sastra itu berkembang karena salah satu bentuk budaya literasi, kalau anda ingin mempelajari budaya suatu masyaraat maka bacalah karya sastranya. Semoga seminar ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan pengetahuan terkait sastra populer, khususnya bagi peserta,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor UNTAG Surabaya Prof. Dr. drg. Ida Aju Brahmasari, Dipl.,DHE.,MPA dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas kerja sama yang dilakukan Fakultas Sastra dengan HIKSI yang telah berhasil menyelenggarakan seminar nasional.

“Terima kasih  juga pada HIKSI yang sudah  mempercayakan penyelenggaraan seminar ini pada Fakultas Sastra UNTAG Surabaya. Semoga seminar ini bisa menjadi  ruang diskusi dan berkontribusi dalam perkembangan karya sastra dan outputnya bisa dirasakan masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan HIKSI Komisariat Surabaya Stevanus Prayitno juga mengucapkan terima kasih  kepada Faultas Sastra UNTAG Surabaya yang telah berkenan menjadi tuan rumah seminar ini. “Kami juga berterima kasih pada seluruh nara sumber, tidak lupa kami menyampaikan apresiasi kepada para  pemakalah dan peserta seminar,” ungkapnya.

Sumber : (https://warta17agustus.com/berita-fakultas-sasta-untag-surabaya-bekerja-sama-dengan-hiski-komisariat-surabaya-selenggarakan-seminar-nasional.html)



Terkait


1 Komentar :


  • Semoga acara ini dapat memajukan dunia Satra.

Isi Komentar :