Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

KEMBANGKAN RESILIENT CITY, UNTAG SURABAYA RESMI MENJADI UNIVERSITY PARTNER UN HABITAT


Rabu, 25 Oktober 2017 - 12:07:53 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 251 kali


Kabar gembira diterima Untag Surabaya dari UN Habitat, sebuah program khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) tentang pemukiman yang mengemban misi mempromosikan pembangunan permukiman manusia yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan untuk masa depan kota yang lebih baik, Oktober ini. UN Habitat, secara resmi menerima Untag Surabaya sebagai universitas mitra (university partner) untuk bersama-sama mengembangkan kota yang inklusif, aman dan ramah bagi setiap orang, sesuai dengan tujuan UN Sustainable Development Goals: “Make cities inclusive, safe, resilient and sustainable.”

Dr. Retno Hastijanti - Wakil Rektor 2 Untag Surabaya mengatakan, “Surat resmi dari UN Habitat telah kami terima pada awal bulan Oktober 2017, saat ini baik Untag Surabaya maupun UN Habitat sama-sama mempersiapkan tindak lanjutnya, membahas secara teknis program apa saja yang akan dikembangkan Untag Surabaya-UN Habitat di kota Surabaya maupun kota-kota lainnya di Indonesia.” Ditambahkan oleh Retno Hastijanti yang juga dikenal sebagai ketua Cagar Budaya ini, bahwa lingkup kemitraan dengan UN Habitat meliputi riset akademik, pertukaran data, publikasi ilmiah, pemagangan dan pelatihan, juga konsultansi berkenaan dengan inclusive, safe, resilient and sustainable cities.

Eduardo Lopez Moreno - Head of Research and Capacity Development Branch UN Habitat, dalam suratnya menyatakan siap bekerjasama dengan Untag Surabaya dan mendukung program-program yang diusulkan terutama yang berkaitan langsung dengan program New Urban Agenda. Saat ini UN Habitat memiliki setidaknya 14 agenda urban initiative, di antaranya program penanganan perubahan iklim di perkotaan (Cities and Climate Changes Initiative), program kesejateraan kota (City Prosperity Initiative), pengelolaan ruang publik (Global Public Space Programme), strategi penurunan emisi di perkotaan (Urban Low Emission Development Strategies) dan pelibatan pemuda dalam Urban Agenda (Urban Youth Fund).

Kerjasama Untag Surabaya dengan UN Habitat telah dirintis sejak tahun 2014. Untag Surabaya bahkan pernah menjadi salah satu co-host dalam pelaksanaan UN-Habitat III Prep-Comm 3 yang diselenggarakan bulan Juli 2016 lalu. Kala itu Untag menjadi tempat pelaksanaan paralel event Workshop Resilience Planning UCLG-Aspac dan Urban Youth Meeting -yang dihadiri Assistant Secretary General and Deputy Executive Director UN Habitat, Dr. Aisa Kirabo Kacya. 



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :