Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

KETENAGAAN UNTAG SURABAYA ADAKAN WORKSHOP PENGGUNAAN SOFTWARE ANTI-PLAGIASI


Selasa, 24 Oktober 2017 - 12:49:13 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 89 kali


Divisi Ketenagaan UNTAG Surabaya bekerjasama dengan Badan Sistem Informasi (BSI) UNTAG Surabayamengadakan Workshop Penggunaan Software Plagiasi, software tersebut bernama “Turnitin”, Jumat 20 Oktober 2017, di Meeting Room R. Ing Sukonjono, Graha Wiyata lt. 1 Untag Surabaya. Workshop yang diikuti oleh pejabat struktural dan dosen di lingkungan UNTAG Surabayainibertujuan untuk mengurangi penjiplakan karya ilmiah orang lain dan juga untuk menjaga keaslian karya ilmiah dosen maupun mahasiswa.

Plagiasi atau yang sering disebut dengan menjiplak atau mengambil hasil karya, pendapat  orang lain lalu  dijadikan seolah – olahhasil karya pribadi demi memperoleh sebuah penghargaan atau nilai kerap kali banyak terjadi di berbagai Perguruan Tinggi baik swasta ataupun negeri.Seringkali seorang akademisi tidak bisa mengindentifikasi sebuah karya ilmiah tersebut asli atau hasil dari penjiplakan dari karya ilmiah orang lain. “Workshop atau pelatihan ini sudah dua kali diselenggarakan untuk kalangan dosen dan pejabat struktural di UNTAG Surabaya, berdasarkan hasil evaluasi dirasa perlu untuk diadakan lagi agar penggunaan dan pemanfaatanya lebih optimal” ungkap Jemikan, SH., MH, Kepala Unit Ketenagaan UNTAG Surabaya.

Bertindak sebagai nara sumber dalam workshop ini: Eko Halim Santoso, S.Kom - Kasubag Programmer BSI UNTAG Surabaya, serta Nico Pratama,S.Kom - Staff Ketenagaan UNTAG Surabaya. Peserta tampak sangat antusiasmempraktekan secara langsung penggunaan Software Turnitin tersebut.Software antiplagiat Turnitin berfungsi mendeteksi kesamaan dan keaslian tulisan,berapa persen kesamaannya dengan yang lain, juga apakah sitasi (parafrase, kuotasi) telah dilakukan dengan benar.

“Dengan adanya jaringan internet sangat mudah sekali untuk mendapat jurnal karya ilmiah. Untuk sementara, di Untag Surabaya software ini digunakan untuk mengecek penulisan karya ilmiah dari para dosen akan tetapi kedepannya akan digunakan untuk mengecek karya ilmiah maupun Tugas Akhir para mahasiswa”, tambah Jemikan di sela – sela pelatihan.(AD)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :