Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

LPPM UNTAG SURABAYA ADAKAN SEMINAR NASIONAL HILIRISASI HASIL PENELITIAN


Senin, 02 Oktober 2017 - 12:16:18 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 294 kali


Pemerintah melalui Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi baik swasta maupun negeri untuk melaksanakan hilirisasi hasil penelitian, agar temuan-temuan yang dihasilkan bermanfaat secara nyata bagi masyarakat, tidak hanya berhenti sebagai laporan.Mengangkat tema ini, Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Untag Surabaya menyelenggarakan Seminar Nasional Hilirisasi Hasil Penelitian, Kamis, 28 September 2017.

Bertempat di Ruang Ing. R. Sukonjono, Graha Wiyata lt.1, seminar ini menghadirkan narasumber Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., Guru Besar Statistika/Direktur DPPM UII Yogyakarta. Dalam pemaparannya, Prof. Akhmad Fauzy yang juga Reviewer RISTEKDIKTI ini menggarisbawahi banyaknya hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang akhirnya hanya disimpan dan dinikmati oleh peneliti dan perguruan tinggi sendiri. Padahal, seharusnya keduanya bisa dirasakan oleh masyarakat, bahkan kalau perlu  harus sampai menjadi produk yag bisa dikomersialkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Hasil penelitian harus dihilirisasi,” kata Prof. Akhmad Fauzy, sembari menjelaskan,  dalam Pemenristekdikti No. 42 tahun 2016, untuk memastikan bahwa hasil penelitian telah sampai ke hilir atau dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pemerintah telah menyiapkan instrumen untuk mengukur Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT).  Kemenristekdikti juga telah melakukan langkah-langkah lainnya untuk mempercepat hilirisasi hasil penelitian, yaitu melalui hibah, beban kinerja dosen/BKD,  dan evaluasi kinerja.Kemenristekdikti juga membagi perguruan tinggi dalam 4 klaster penelitian yaitu mandiri, utama, madya dan binaan, dan 4 klaster pengabdian kepada masyarakat, yaitu unggul, sangat bagus, memuaskan dan kurang memuaskan. Klasterisasi ini diharapkan mendorong perguruan tinggi untuk berlomba–lomba melaksanakan hilirisasi hasil penelitian.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. drg. Hj. Ida Aju Brahmasari, Dipl.DHE, MPA, dalam sambutannya memotivasi seluruh peserta seminar yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Untag Surabaya, agar makin aktif meneliti dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui program yang sinergis.(ad)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :