Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

KOTAG TV UNTAG SURABAYA ADAKAN KULIAH TAMU DENGAN TEMA JURNALISTIK TV


Rabu, 13 September 2017 - 15:35:51 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 369 kali


Ilmu Komunikasi Fisip Untag Surabaya yang bekerjasama dengan Kotag Tv Untag Surabaya mengadakan kuliah tamu yang mengusung tema Jurnalistik TV. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium TV Ilmu Komunikasi Fisip Untag Surabaya. Kuliah tamu  ini sengaja dikemas dalam bentuk talkshow oleh teman – teman Kotag TV Untag Surabaya. Kuliah tamu ini merupakan rangkaian kegiatan dari Emtek Goes To Campus yang akan diadakan selama dua hari di Kampus C Universitas Airlangga Surabaya pada (13/9).

Kuliah tamu yang diadakan pada Selasa, 12 September 2017 ini menghadirkan tiga narasumber yang diantaranya David Rizal (Presenter SCTV), Raymond Kaya (Senior Executive Produser & GRO News : Jurnalistik), Jemmy Darusman (Presenter SCTV).

Kuliah tamu yang diadakan ini sangat memberikan banyak ilmu kepada teman – teman mahasiswa ilmu komunikasi yang hadir dalam kuliah tamu tersebut dalam bidang broadcasting. Banyak tips – tips dan pengalaman yang di share oleh narasumber kepada para mahasiswa yang datang. Salah satunya yaitu bagaimana membuat konsep talkshow yang bagus dan menarik, menjadi jurnalis yang baik dan berkwalitas serta bagaimana cara memproduksi film di televisi.

“tidak hanya paras cantik atau ganteng saja yang harus dimiliki oleh para calon presenter maupun reporter akan tetapi harus mempunyai soft skill dan harus mempunyai kemauan untuk terus belajar dan belajar”, ujar Raymod Kaya selaku Senior Executive Produser & GRO News : Jurnalistik.

Raymond Kaya juga menegaskan bahwa kunci menjadi jurnalis Tv adalah disiplin. Disiplin sangatlah penting bagi jurnalis tv karena jika terlambat satu menit dalam sebuah acara maka kita tidak akan mendapatkan gambar atau berita visual yang sangat bagus. Selain itu Raymond juga menyarankan kepada mahasiswa ilmu komunikasi untuk mempelajari bidang ilmu lain supaya tidak kalah dengan mahasiswa lain.

“untuk menjadi jurnalis yang baik dilayar mereka harus baik dulu dilapangan, mengerti apa yang harus mereka lakukan serta mengerti bagaimana cara mengambil visual gambar yang bagus dilapangan. Karena dari visual gambar itu sudah bisa  menggambarkan semua peristiwa yang terjadi pada saat itu kepada masyarakat”, ujar Jemmy Darusman selaku presenter SCTV tersebut.

Dalam kuliah tamu tersebut selain memberikan ilmu broadcasting tetapi juga mengenalkan Emtek kepada masyarakat luas. Sehingga mahasiswa yang datang mempunyai pandangan mau menekuni bidang pekerjaan seperti apa di dunia broadcasting nantinya.

“menjadi presenter maupun reporter merupakan pekerjaan yang langka di dunia broadcasting. Kalau di buat perbandingan jumlah presenter ataupun reporter hanya 10% dari total semua karyawan yang ada di SCTV”, tutur Raymond Kaya dalam menutup kuliah tamu tersebut.(ad)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :