Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

MAHASISWA KHON KAEN UNIVERSITY (KKU) THAILAND BELAJAR BAHASA INDONESIA DI UNTAG SURABAYA


Jumat, 25 Agustus 2017 - 17:31:14 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 222 kali


 

Dua orang mahasiswa Khon Kaen University Thailand mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia di Lab Bahasa yang ada di Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dilaksanakan mulai 24 Agustus 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia ini merupakan bagian dari tahap yang harus mereka lalui sebelum nanti mengikuti perkuliahan di jurusan yang mereka pilih, Fakultas Teknik. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan bahasa dan angka dalam bahasa Indonesia.

Setiap mahasiswa asing yang kuliah ke Untag Surabaya memang wajib mendapat pengajaran tentang bahasa, terutama bahasa Indonesia. Tujuannya, tak lain agar mereka lebih mudah berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang nota bene baru bagi mereka. Teknik pengajaran yang diterapkan, seluruhnya menggunakan bahasa Indonesia. Umul Khasanah, S.Pd, M.Lit, salah satu tim pengajar Bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing mengatakan, “Mengenal dan menggunakan Bahasa Indonesia, mempelajari dan mengikuti budaya Indonesia, itu sangat penting bagi mahasiswa asing agar lebih mudah beradaptasi. Tidak hanya bahasa, tapi juga mengenal budaya, makanan, mempelajari lifestyle –bagaimana orang Indonesia dalam menjalani kehidupan, itu nanti akan menjadi pengalaman yang sangat bagus untuk mereka.”

Khon Kaen University Thailand sendiri rutin mengirim mahasiswanya untuk belajar di Untag Surabaya sejak tahun 2013, rata-rata dua orang mahasiswa per-semester. Umul Khasanah yang juga pengajar Fakultas Sastra sekaligus Kepala Program Studi Bahasa Jepang juga menuturkan bahwa sebagai pengajar Bahasa Indonesia, ia merasa senang dan bangga bisa mensosialisasikan Bahasa Indonesia kepada orang asing. ”Semester ini hanya 2 orang, beberapa semester lalu mahasiswa asing yang datang ke Untag Surabaya lebih dari 20 orang. Tapi saya tetap bersemangat mengajarkan bahasa Indonesia kepada mereka,” pungkasnya ramah.

 



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :