Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

MAHASISWA UNTAG SULAP LIMBAH DAUN NANAS JADI KERAJINAN TANGAN


Selasa, 08 Agustus 2017 - 11:53:14 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 286 kali


 Daun nanas yang selama ini hanya dibuang begitu saja oleh kebanyakan masyarakat ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan.

Limbah daun nanas di tangan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Untag Surabaya dapat dijadikan sebagai berbagai kerajinan tangan, seperti toples kue, jam dinding, kotak tisu, dan berbagai kerajinan lain.

Icha Athar, salah satu mahasiswa peserta KKN Untag Surabaya menuturkan bahwa di Dusun Nglurah, Desa Wonodadi Kulon, Kabupaten Pacitan jumlah limbah daun nanas cukup tinggi oleh karena itu bersama mahasiswa lainnya ia berusaha untuk mencari alternatif agar limbah tersebut dapat dimanfaatkan.

“Sebenarnya masyarakat di sini sudah mengolah daun nanas menjadi gulungan tali dengan berbagai ukuran, namun nilai ekonomisnya masih sangat rendah sehingga kami membantu untuk meningkatkan nilai ekonominya dengan cara membuat berbagai kerajinan tangan dari daun nanas ini”, ujarnya.

Nilai ekonomis yang dihasilkan dari olahan daun nanas inilah yang dikenalkan oleh mahasiswa KKN kepada ibu – ibu PKK yang ada di desa yang ada di Kecamatan Ngadirojo, Pacitan tersebut.

“Kami tidak hanya mengenalkan saja tapi juga memberikan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari serat daun nanas tersebut hingga bagaimana pemasarannya dan kami melihat antusias yang sangat tinggi dari warga masyarakat Dusun Nglurah ini karena dari mereka dapat menambah penghasilan dari olahan daun nanas ini,” ujar Icha.

 

 



Terkait


1 Komentar :


  • Thank you for the post. I really loved the way you written this post. It has some good information which is written in a easy to understand manner. This is very interesting and attractive. Keep sharing such wonderful and useful post.

Isi Komentar :