Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Ujian Tertulis Seleksi Beasiswa Pemerintah Jepang di Gelar di UNTAG Surabaya


Kamis, 15 Juni 2017 - 14:44:48 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 279 kali


Sebanyak 50 peserta program beasiswa S2 & S3 Jepang hari ini mengikuti ujian tertulis di Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag) Surabaya (15/06/2017). Ujian dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB. Kaori Morohira – Konsul Muda Bagian Pendidikan dan Kebudayaan Konjen Jepang mengatakan, dalam ujian tertulis kali ini, ada 2 materi yang diujikan yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Sesuai jadwal pada jam pertama yang berlangsung pukul 09.00 hingga 10.00 WIB  dilaksanakan ujian bahasa Inggris, kemudian setelah istirahat pada pukul 11.30 sampai 12.30 WIB dilaksanakan ujian Bahasa Jepang.

Kaori menyatakan, jumlah peserta ujian untuk wilayah Jawa timur pada tahun ini mencapai 50 peserta, jumlah tersebut di dapat dari seleksi dokumen di tahap awal. Hal ini diluar dugaan karena pada tahun sebelumnya hanya sekitar 20-an peserta, ujarnya. Menurut Kaori, sejumlah tahapan dalam seleksi program beasiswa dari pemerintah Jepang yaitu, di tahap awal seleksi dokumen, tahap kedua Ujian tertulis, tahap akhir wawancara kedutaan Jepang yang ada di Jakarta, kemudian pengumuman yang dapat diakses di website Konjen Jepang pada 23 Juni 2017.

Kaori mengaku, peserta ujian tertulis dari Jawa Timur tahun ini memang lebih banyak, sehingga pihaknya memindahkan lokasi ujian di Untag Surabaya, padahal selama ini ujian tertulis dilaksanakan di Aula Konjen Jepang, karena peserta yang lulus seleksi dokumen hanya sekitar 20 peserta.

Ujian yang berlangsung di Meeting Room I Graha Wiyata Untag Surabaya berjalan lancar, bahkan menurut Kaori, para peserta ujian tertulis sudah tidak asing lagi, kebanyakan dari mereka sering hadir dalam kegiatan-kegiatan Konjen Jepang, promosi beasiswa, dan kegiatan budaya Jepang.

Kaori berharap, dengan digelarnya ujian seleksi program beasiswa Pemerintah Jepang di Untag Surabaya kali ini, banyak mahasiswa Untag Surabaya yang ikut melamar. Selain seleksi program beasiswa S2 dan S3, kementerian Pendidikan Jepang juga akan menggelar seleksi beasiswa program D2, D3, dan S1 ke Jepang pada bulan Juli 2017. (Randie)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :