Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mengenal Konsep Diri untuk Meraih Kesuksesan


Selasa, 11 April 2017 - 12:42:27 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 225 kali


Sukses itu membawa diri disegala situasi. Jika kita menginginkan sukses maka harus mampu mengkonsep diri kita sendiri, yaitu dengan segala keyakinan (gambaran diri) seseorang kepada diri sendiri, yang akan menentukan siapa seseorang itu dalam kenyataannya, siapa orang itu menurut pikirannya dan akan menentukan menjadi apa menurut pikirannya ungkap Bawin Sri Lestari, S.H. Founder IMC (Integrated Marketing Communication) pada acara Workshop " Self Concept And Character Building " Counselling Center (CC) UNTAG Surabaya.

" Ketika kita menginginkan sukses pahami dulu apa arti sikap, dengan demikian kita pengetahui konsep diri kita. Ada tiga arti sikap, yaitu pertama, sikap adalah tindakan yang menentukan nasib seseorang, kedua, sikap menentukan nasib diri sendiri dan orang lain, bahkan sikap arogan kita selain berimbas pada diri sendiri juga berimbas pada orang lain, dan ketiga, sikap manusia dipengaruhi oleh pikiran. " ucap Bawin Sri Lestari, S.H. yang biasa di panggil Bawinda Lestari

Dia melanjutkan, dari sikap manusia yang dipengaruhi oleh pikiran juga terbagi tiga point. Yaitu cara berfikir, pola pikir dan sudut pandang, karena anda adalah apa yang anda pikirkan setiap hari.

Untuk mengkonsep diri itu ada dua cara, yakni konsep positif (orang sukses) atau konsep negative (orang gagal). " Kenali diri sendiri terlebih dahulu seperti mengapa harus kuliah, apakah karena untuk menyenangkan orang tua, untuk mencari jodoh, atau agar bisa mencari uang yang banyak? Dengan demikian ketika kita paham maksud dan tujuan maka akan mudah kita menuju target yang kita inginkan " kata Speaker danTrainer for Communication & Personality Development.

Mengapa kita perlu berbusana dan berpenampilan yang baik ? karena orang menilai diri berawal dari luar yaitu penampilan dari ujung kaki sampai ujung rambut.

" Busana merupakan citra diri bagi pemakai, busana bisa memberikan kesan tersendiri, seperti anggun, luwes, sportif dll, berbusana sopan tidak berarti kuno, atau ketinggalan jaman dan dengan busana membawa nama pribadi dan institusi. Itulah sebabnya berbusana dan berpenampilan itu sangat diperhatikan. Selain itu, kesan pertama dilihat dari waktu 15 detik, 30 detik kemudian orang mulai menilai, dan dalam 4 menit orang menyimpulkan / mengambil keputusan tentang diri kita. Sehingga apapun jurusannya seorang mahasiswa yang profesional dituntut untuk berpenampilan rapi, sopan dan sehat dengan demikian akan meningkatkan nilai diri kita. " jelasnya

Dia menambahkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bertemu orang lain. " Jika dipersenkan senyuman senilai 47 %, kontak mata 31 %, bau badan 11 %, pakaian 7 %, rambut 4 %. Selain itu harus tahu cara duduk, cara berbicara, eye contac, suara jelas, dan cara mendengarkan. "

Dia juga menyebutkan, jika kita bisa mengenali diri sendiri, siapa, dimana, kapan dan bagaimana maka kesuksesan akan dicapainya.

" Selalu berfikir positif, pertahankan sikap positif karena tiada sukses diraih tanpa keterlibatan orang lain. Maka pandai membawa diri di setiap pergaulan adalah ilmu hidup yang mutlak dimiliki oleh setiap orang yang mau sukses dan rahasia kunci sukses bukan di luar dirimu tetapi sudah ada dalam dirimu, yaitu di pikiranmu." Tutup mahasiswa S2 Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya.(Latifah)







Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :