English  Indonesian

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

Sistem Informasi Manajemen Webometrics Diperlukan Untuk Memperbaiki Peringkat Perguruan Tinggi


Selasa, 08 Maret 2016 - 09:55:12 WIB

Diposting oleh : Redaksi
Kategori: Untagtual - Dibaca: 602 kali


Diperlukan metode untuk memperbaiki peringkat perguruan tinggi melalui pemeringkatan webometric. Menurut Supangat, S.Kom.,MM.Kom  kepala BSI UNTAG Surabaya, salah satu cara meningkatkan peringkat webometrics adalah dengan cara membuat sebuah Sistem Informasi Manajemen Webometrics.

Supangat, saat memberikan materi tentang strategi meningkatkan peringkat perguruan tinggi di webometrics di Gedung Pascasarjana UNTAG Surabaya menjelaskan, webometric merupakan salah satu perangkat untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui website universitas.

“Kriteria yang dipakai adalah size, visibility, rich text, dan scholary, dengan formula penghitungan dan pembobotannya, yaitu Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Ditambah presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%) sebagai kriteria penilaian,” ungkap dosen Teknik Informatika itu.

Adanya webometrics menjadi sebuah peluang bagi universitas untuk menikmati rangking universitas dunia. Kuncinya adalah bagaimana universitas bisa memperbanyak konten (scientific paper) yang dishare ke publik, diindeks di mesin pencari, dan sedikit kepintaran universitas memainkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengarahkan mesin pencari ke situs universitas.

Oleh karena itu, lanjut Supangat, diperlukan cara atau metode untuk memperbaiki peringkat perguruan tinggi melalui pemeringkatan webometric. Salah satu cara yang bisa dicoba untuk diterapkan adalah dengan Sistem Informasi Manajemen Webometrics.

“Kemungkinan masih ada perguruan tinggi yang kebingungan dalam mencari strategi yang tepat. Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Webometrics akan memperoleh data yang akurat, sehingga bisa dijadikan pijakan dalam mengambil kebijakan strategis untuk meningkatkan peringkat webometrics perguruan tinggi,” pungkasnya. (k_nan)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :