English  Indonesian

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

LPPM Bekerjasama Fakultas Teknik UNTAG Surabaya Selenggarakan Sosialisasi PDP Tahun 2016


Rabu, 02 Maret 2016 - 09:08:09 WIB

Diposting oleh : Redaksi
Kategori: Untagtual - Dibaca: 594 kali


Lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Fakultas Teknik UNTAG Surabaya mengadakakan sosialisasi Penelitian Dosen Pemula (PDP) tahun 2016. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor I dan II tersebut, diselenggarakan di Gedung Graha Wiyata lantai 9, Senin (29/2/2016).

Ketua LPPM UNTAG Surabaya, Dr. Ir. Muslimin Abdulrahim, M.SIE, mengatakan sosialisasi PDP di Fakultas Teknik merupakan yang terakhir dari 6 Fakultas yang ada di UNTAG Surabaya. “Ini yang terakhir. Sebelumnya kita sudah sosialisasi di Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, FISIP, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi,” ujar Dr. Muslimin.

Sosialisasi ini, ungkapnya, merupakan tindak lanjut Surat Keputusan (SK) Rektor tentang kewajiban dosen untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Jadi tidak hanya mengajar saja, juga harus melaksanakan penelitian dan pengabdian,” Imbuh dosen Fakultas Teknik itu.

Sementara itu, Wakil Rektor I Dr. Andik Matulessy, M.Si menjelaskan tentang latar belakang keluarnya SK Rektor tersebut. Salah satunya adalah kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menunjang sertifikasi. “Termasuk dosen baru, sejak awal dituntut melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Dr. Andik.

Lanjut dosen Fakultas Psikologi itu, untuk memenuhi standar 7 akreditasi BAN-PT tentang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Apalagi mulai bulan Mei 2016 rencananya akan ada aturan baru, yaitu tidak lagi 7 standar melainkan 9 kriteria. Untuk penelitian dan pengabdian dipisah,” ungkapnya.

“Mengenai SK Rektor, setiap dosen dibebani 1 SKS penelitian dan pengabdian dalam 1 tahun anggaran,” imbuh Dr. Andik saat membuka sesi tanya jawab.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Rektor II Dr. Ir. RA. Retno Hastijanti, MT mengatakan, sosialisasi memang penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan peran dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tugas  dan kewajiban seorang dosen tidak hanya mengajar saja, tetapi juga harus diimbangi dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pungkasnya. (k_nan)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :