Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Radityo & Saiful Mahasiswa Teknik Elektro UNTAG Surabaya Ciptakan Rancang Pembangkit Energi Listrik Alternatif


Rabu, 27 Januari 2016 - 09:16:08 WIB

Diposting oleh : Redaksi
Kategori: Untagtual - Dibaca: 154 kali


Radityo Jalu Atmojo dan Saiful Efendi mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya ciptakan Rancang Bangun Pemanfaatan Pijakan Anak Tangga Sebagai Pembangkit Energi Alternatif. Karya dua mahasiswa ini merupakan tugas akhir sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan S1 di UNTAG Surabaya.

Radityo menjelaskan, energi listrik merupakan kebutuhan dasar manusia yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupannya. Selama ini penggunaan sumber daya alam sebagai bahan bakar utama dalam pembangkit energi listrik masih sangat tinggi. Untuk itu, diperlukan energi listrik alternatif yang tidak lagi menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat di perbarui.

“Energi alternatif bisa diciptakan dengan inovasi kreatif seperti menggunakan biogas, tanaman organik, dan energi mekanik suatu benda yang dikonversikan untuk menghasikan energi listrik alternatif,” kata Radityo mahasiswa kelahiran Jombang, 26 Maret 1994 itu.

Dari situ, lanjut dia, ide untuk berinovasi membuat dan merancang sebuah tangga yang bisa menghasilkan energi listrik jika tangga dipijak itu muncul. Pijakan tersebut dapat memutarkan sebuah poros Altenator yang selanjutnya digunakan dalam penerangan emergency.

“Jadi, energi terbarukan ini lebih tepat disebut sebagai energi aditif, yaitu sumber daya energi tambahan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi listrik, serta menghambat atau mengurangi peranan sumber daya energi fosil,” tambahnya.

Sementara itu, Saiful rekan Radityo mengatakan, prinsip kerja dari pemanfaatan pijakan anak tangga sebagai alternatif pembangkit energi listrik ini menggunakan gaya pegas dan gerak putar. Gaya pegas yang dihasilkan oleh spring atau pir yang bergerak naik turun dihubungkan dengan pijakan anak tangga berfungsi sebagai penggerak utama dari setiap roda gigi pendukung yang saling berhubungan.

“Kalau gerak putar yang dihasilkan roda gigi utama digunakan sebagai sumber gerak putar generator DC (alternator) sebagai penghasil listrik. Dimana gerak putar yang terus menerus akan menyuplai sumber gerak dari alternator,” papar mahasiswa yang berdomisili di Jl. Kebraon No. 14 Surabaya saat dikonfirmasi warta17agustus.com, Selasa (26/1/2016).

Adapun tujuan dua mahasiswa Teknik Elektro ini membuat  Rancang Bangun Pemanfaatan Pijakan Anak Tangga Sebagai Pembangkit Energi Alternatif adalah memberikan inspirasi dalam perancangan sumber energi listrik alternatif dan memanfaatkan tangga rumah agar dapat menghasilkan suatu sumber energi listrik alternatif.

Radityo dan Saiful berharap alat yang mereka ciptakan itu mampu menjadi sumber energi alternatif saat terjadi pemadaman listrik, memberi inspirasi dan motivasi untuk selalu berkarya dalam menciptakan energi listrik alternatif yang ramah lingkungan.

“Dengan pemanfaatan pijakan anak tangga sebagai energi alternatif ini akan membuat nilai lebih dari fungsi tangga itu sendiri,”  pungkas Saiful. (k_nan)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :